Mengenal Layanan Yang Ada Pada Data Center Indonesia

Semakin meningkatnya perkembangan teknologi di Indonesia, membuat layanan data center atau pusat data menjadi salah satu yang juga mengikuti perkembangan. Jasa layanan data center atau pusat data adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk meletakan perangkat dari jaringan server. Jaringan tersebut tentunya memiliki skala yang besar untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi perusahaan dan juga data perusahaan yang di dukung oleh infrastruktur gedung dengan memenuhi standar yang tinggi dalam hal ini. Hal ini dikarenakan data center Indonesia khususnya harus selalu dapat diakses secara terus menerus oleh banyak orang yang membutuhkannya.

Jenis-jenis layanan pada penyedia jasa data center
Mengenal Layanan Pada Data Center Indonesia

Dengan meningkatnya layanan data center indonesia, maka terdapat jenis-jenis layanan yang disediakan oleh para penyedia fasilitas data center di Indonesia. Jenis-jenis layanan data yang paling tersebut yaitu;
  1. Co-Location Data Center; adalah penyewaan ruang server yang dilengkapi dengan infrastrukturnya operator telekomunikasi, perusahaan teknologi informasi, perusahaan jasa aplikasi secara online, perusahaan besar dengan cabang tersebar, content provider, hingga UKM atau perusahaan menengah yang sedang berkembang menuju sebuah perusahaan yang lebih besar. Dengan menggunakan layanan jenis ini akan menghemat modal dan juga operasional.
  2. Disaster Recovery Services; merupakan solusi yang disediakan untuk menghadapi gangguan pada aktivitas khususnya operasional IT perusahaan. Gangguan tersebut bisa dikarenakan banjir, gempa bumi dan gangguan bencana alam lainnya. Dengan menempatkan perangkat IT perusahaan, penyimpanan untuk backup data yang dapat dengan mudah diakses setiap saat hingga kantor sementara yang disediakan oleh para provider data center Indonesia khususnya untuk yang sudah mendapatkan sertifikasi dari uptime institute.
  3. Jasa Managed Services; layanan manajemen dengan perangkat jaringan, monitoring jaringan, penyimpanan cadangan terjadwal, jaringan dan lain sebagainya. Layanan ini untuk menguatkan operasional sistem informasi pada sebuah perusahaan.
  4. Dedicated Server; adalah layanan yang memberikan hosting namun tidak bercampur dengan pelanggan lainnya. Sehingga memiliki aksesibilitas, kecepatan, keamanan, dan kestabilan yang tetap terjaga. Perusahaan menengah atau UKM merupakan perusahaan yang lebih cocok dalam menggunakan jasa layanan jenis ini karena tidak perlu membeli server maupun menyediakan tim IT. Inilah solusi tepat yang dapat dipertimbangkan pilihannya antara membangun data center dengan menyewa colocation yang telah dijelaskan di poin ke satu.
Memilih jasa data center yang tepat
Dua hal yang paling dasar untuk menilai layanan data center khususnya yang ada di Indonesia sebagai pertimbangan dalam pemilihannya. Dua hal dasar tersebut yaitu aksesibilitas dan juga kontinuitas. Dengan kata lain, penyedia jasa data center yang selalu dapat diandalkan dengan memiliki fasilitas data center yang tentunya dapat selalu dilakukan atau diakses secara terus menerus tanpa adanya gangguan.
Sebuah data center umumnya juga tidak hanya melayani layanan di jenis colocation saja. Peluang dari jenis layanan lainnya juga harus terbuka sehingga akan membuat mereka yang membutuhkan layanan data center lebih maksimal dalam mempertimbangkan pilihan sesuai dengan yang dibutuhkan olehnya.
Bisa juga dengan memberikan bantuan dalam melakukan setup server dan juga jaringan serta pengelolaan dan monitoring seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tentunya, peluang dari layanan data center ini akan sangat membantu perusahaan yang ingin lebih mudah alias tidak repot dalam merekrut karyawan khususnya di bagian tenaga ahli data center.
Jika disimpulkan dari keseluruhannya, peluang dari penyedia jasa data center tidak hanya berhenti pada layanan dari data center saja, tetapi menawarkan jasa yang secara global meliputi solusi cadangan dan juga pemulihan, menyediakan otomatisasi berupa tools, jasa pembuatan stasiun televisi secara digital, membuat sistem cloud untuk perusahaan dan juga agen dari cloud tersebut, mengelola IT perusahaan, serta mendukung operasional IT perusahaan. Dukungan tersebut juga meliputi dari dalam negeri dan juga dari luar negeri yang berbeda dalam waktu dua belas jam.
Masih banyak lagi peluang yang bisa didapatkan untuk para penyedia layanan data center khususnya yang ada di Indonesia. Terlebih dengan era digital dan teknologi yang selalu berkembang dengan pesat. Aliran data yang meningkat membuat industri dari data center menjadi sebuah peluang bisnis yang menggiurkan. Bukan hanya sebagai bisnis penyewaan ruangan server sebagai layanan data center saja, tetapi juga sebagai pengembangan dari bisnis yang dimiliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mini Data Center untuk Perusahaan Indonesia

Daftar Perusahaan Data Center di Indonesia

Contoh Perusahaan Yang Sukses Melakukan Transformasi Digital