Keuntungan Memakai Jasa Colocation Data Center

Baik untuk perusahaan dan organisasi yang sudah memiliki data center internal maupun yang belum, terdapat beberapa alasan untuk lebih memilih menggunakan jasa colocation di data center yang lebih hemat dari sisi investasi dan juga lebih terjaga keberlanjutan aksesibilitasnya.

Keuntungan Memakai Jasa Colocation Data Center

jasa colocation data center

Berikut beberapa keuntungan memakai jasa colocation :

Memberikan Nilai Ekonomis

Banyak perusahaan yang sudah mengalami penghematan biaya yang cukup signifikan dengan menggunan jasa colocation. Ketimbang mengeluarkan modal hanya sekedar untuk membeli genset sebagai tenaga cadangan dan membeli gedung baru untuk data center, perusahaan dapat jauh lebih berhemat dengan menggunakan jasa colocation data center ini.

Sehingga perusahaan yang sudah memiliki data centerpun tetap akan memilih menggunakan jasa data center untuk mengalokasikan perangkat server mereka dalam rangka pemenuhan kebutuhan pengembangan data center dan menjaga keberlangsungan operasional IT mereka.

Aksesibilitas Lebih Dapat Diandalkan

Kualitas aksesibilitas data center memiliki standar hampir 100% harus selalu beroperasi. Untuk mencapai kualitas tersebut dibutuhkan serangkaian proses dan pengujian yang cukup lama, dan juga memerlukan biaya operasional yang tidak sedikit. Oleh karena itu dengan menggunakan jasa colocation perusahaan dapat lebih terdukung dalam pemenuhan kebutuhan pengembangan infratruktur IT dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Terjaga 24 Jam dan Lebih Aman

Operasional data center memiliki standard keamanan yang lebih tinggi, dengan gedung yang terpisah dari penggunaan lain tentu dapat lebih mudah terkontrol dari rencana sabotase, kerusuhan, banjir, kebakaran dan bencana alam. Sehingga pihak perusahaan pemakai jasa collocation server dapat tidur lebih nyenyak untuk masalah gangguan seperti ini.

Layanan dukungan pelanggan pun tersedia selama 24 jam non-stop dan ini sudah termasuk pada biaya colocation data center. Tentu penghematan waktu dan biaya yang dapat dilakukan juga cukup besar dari sisi staff IT profesional.

Penghematan pengeluaran modal, waktu dan tenaga untuk kebutuhan pengembangan aktivitas IT sudah banyak dirasakan keuntungannya oleh para perusahaan besar, demikian untuk pemerintahan di Indonesia dapat lebih efisien dalam hal anggaran jika menggunakan jasa colocation.

Secara keseluruhan, colocation di butuhkan dalam era ICT dan 'big data'  untuk mendukung serangkaian aktivitas usaha saat ini. Pertimbangan alasan ekonomis dan lebih dapat di andalkan merupakan alasan utama untuk menempatkan perangkat server dan jaringan pada colocation data center, terutama dalam menghadapi persaingan usaha sehingga tidak membebani modal perusahaan (CAPEX) dan menghemat biaya IT perusahaan (OPEX).


Komentar

  1. Keuntungan Memakai Jasa Colocation Data Center is one of the best blog i have came across... thanks for sharing about colocation data centers..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Perusahaan Data Center di Indonesia

Mini Data Center untuk Perusahaan Indonesia

Contoh Perusahaan Yang Sukses Melakukan Transformasi Digital