Beberapa Langkah untuk Konsolidasi Data Center

Konsolidasi Data Center (juga disebut sebagai Konsolidasi Infrastruktur IT) adlaah sebuah strategi untuk mengurangi jumlah server yang digunakan. Menghadapi perubahan, perusahaan perlu melakukan peninjauan kembali penggunaan server dengan melakukan Virtualisasi atau dengan menghapus beberapa legacy server.

Beberapa teknologi konsolidasi yang paling sering digunakan dalam pembaruan server lama pada sebuah data center adalah dengan melakukan virtualisasi, cloud computing, virtualisasi server dan mengganti maniframe dengan server blade yang berukuran jauh lebih kecil sehingga dapat menghemat tempat di colocation data center dan juga memberikan kepadatan pada sebuah rack.

Konsolidasi data center merupakan hal umum bagi para organisasi yang berencana untuk mengurangi jumlah pemakaian ruangan data center terhadap infrastruktur IT yang dibutuhkan dan secara langsung juga mengurangi biaya operasional.

Jika data center anda mengalami kebutuhan listrik yang semakin meningkat, server lama yang masih digunakan, lisensi berlebihan, atau jika anda menghadapi salah satu tantangan berikut ini :
  • Kebutuhan investasi perangkat yang cukup tinggi
  • Biaya operasional yang jauh lebih tinggi
  • Operasion IT yang semakin melambat respon-nya dari sistem
  • Penignkatan downtime atau sering terjadi kegagalan sistem walaupun dalam hitungan detik tapi sering
  • Semakin tidak bisa diandalkan
Hal tersebut menandakan bahwa sudah waktunya untuk melakukan konsolidasi data center.
Konsolidasi server di data center merupakan salah satu solusi untuk mengurangi biaya operasional dan belanja modal sembari meningkatkan layanan IT, Berikut beberapa keuntungan yang dapat dicapai dengan kesuksesan mengkonsolidasikan data center:
  • Penurunan biaya operational dan belanja hardware sampai 50%
  • Mengadakan server baru yang 70% lebih cepat dari server lama
  • Pengurangan konsumsi energi dan mengurangi tagihan listrik sampai 80%
  • Lebih andal dalam menghadapi bencana alam atau bencana IT
  • Lebih sedikit downtime

Langkah-langkah untuk Konsolidasi Data Center

Team yang melakukan konsolidasi data center harus memusatkan perhatian pada tujuan bisnis untuk mengurangi biaya operasional secara keseluruhan dan meningkatkan efisiensi fasilitas yang diberikan oleh data center. 
Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan konsolidasi data center,

Membuat Daftar Kasus

Dalam memilih kasus di perusahaan, team konsolidasi akan memiliki ide mengenai hal yang dibutuhkan pada operasional data center dan perencanaan secara terstruktur.

Memahami Apa yang Dimiliki

Dengan mengetahui konfiguasi software dan hardware dapat membantu dalam memahami kebutuhan manajemen dan vendor.

Rencanakan Pengembalian Modal

Jika langkah awal sebelumnya salah arah maka dapat berdampak secara langsung pada pendapatan perusahaan dan reputasi kinerja pada pelanggan. Dengan strategi yang jelas dan tajama dapat menentukan keberhasilan perusahaan dan membantu dalam mencapai tingkat pengembalian modal yang baik. Skalaw waktu dan harapan harus ditetapkan pada awal tahap perencanaan tersebut.
 Ketika anda sudah memiliki gagasan yang jelas tentang aset yang dimiliki pada data center, maka anda dapat mengidentifikasi unsur-unsur terbaik untuk mengkonsolidasikan data center untuk hasil yang lebih baik.

Penerapan Strategi

Setelah berhasil membuat strategi konsolidasi yang terencana, team konsolidasi harus memastikan penyediaan aplikasi=aplikasi yang secara tepat waktu sebagai pertimbangan untuk pengurangan rasion kegagalan jaringan, kemacetan arus data, dan ancaman keamana. Selalu evaluasi bahwa konsolidasi yang sedang dilakukan tepat sesuai rencana bahkan jika konsolidasi sudah selesai dilakukan, dengan menganalisa delay yang terjadi serta penyebabnya dengan melakukan pemeliharan terjadwal sebagai pelengkap keberhasailan konsolidasi data center tersebut.

Untuk anda yang melakukan penempatan server pada data center atau memakai jasa colocation service, tentunya anda dapat berkonsultasi dengan penyedia layanan colocation data center tersebut untuk melakukan konsolidasi perangkat IT anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Perusahaan Data Center di Indonesia

Mini Data Center untuk Perusahaan Indonesia

Contoh Perusahaan Yang Sukses Melakukan Transformasi Digital